Download Mengenang Sosok Cornel Simanjuntak Sang Maestro Musik Patriot Pencipta Lagu Maju Tak Gentar MP3 (6.02 MB) - LaguGratis
LaguGratis

Download Mengenang Sosok Cornel Simanjuntak Sang Maestro Musik Patriot Pencipta Lagu Maju Tak Gentar Mp3

Mengenang Sosok Cornel Simanjuntak, Sang Maestro Musik Patriot Pencipta Lagu Maju Tak Gentar Download Mengenang Sosok Cornel Simanjuntak, Sang Maestro Musik Patriot Pencipta Lagu Maju Tak Gentar Mp3 Complimentary in Tribun MedanTV from LaguGratis with 2021-03-11 09:06:33 and 2022-08-09 13:18:26 & 6.02 MB just only in toparathyro.com

Judul Lagu : Mengenang Sosok Cornel Simanjuntak, Sang Maestro Musik Patriot Pencipta Lagu Maju Tak Gentar
Ukuran : 6.02 MB
Durasi : 04:23
Source : Youtube Music

↓↓↓↓↓↓↓

medan.tribunnews.com/2021/03/11/mengenang-sosok-cornel-simanjuntak-sang-maestro-musik-patriot-pencipta-lagu-maju-tak-gentar

TRIBUN-MEDAN.COM, SIANTAR - Sebuah rumah kayu khas adat Batak tempo dulu kian reyot.

Barisan papan di rumah panggung ini mulai keropos di makan zaman.

Namun di sini telah lahir pencipta lagu-lagu heroik dan patriotik Indonesia, Cornel Simanjuntak.

Cornel Simanjuntak Lahir di Pematangsiantar pada tahun 1921 (belum diketahui tanggal kelahiran).

Ia meninggal dunia pada 15 September 1946 di Yogyakarta, dan dikenal sebagai tokoh yang membawa perkembangan musik di Indonesia.

Wartawan Tribun Medan sempat menyambangi rumah kediaman Cornel Simanjuntak yang berlokasi di Jalan Tambunan, Kelurahan Tong Marimbun, Kecamatan Siantar Marimbun, Kota Pematangsiantar, Kamis (11/3/2021) siang.

Di sini, kedatangan awak Tribun Medan disambut hangat seorang wanita bernama Berlian Simanjuntak (40).

Wanita satu ini merupakan cucu dari adik Cornel Simanjuntak, Anoi Simanjuntak.

"Iya di sini Cornel Simanjuntak lahir dan sampai usia remaja, sebelum ke Medan dan merantau ke Jawa.

Beliau sepuluh bersaudara yang lahir dari pasangan Tolpus Simanjuntak dan Br Siahaan," ujar Berlian Simanjuntak seraya menurunkan maskernya.

Menurut cerita keluarga yang diterima Berlian Simanjuntak, ayahanda dari Cornel Simanjuntak merupakan pegawai Belanda yang berdinas sebagai polisi pertanahan atau biasa dipanggil mandor oleh warga sekitar.

Lahir dari seorang pegawai kedinasan, tak membuat hati Cornel Simanjuntak mati dan melupakan kondisi masyarakat Indonesia yang tengah terjajah.

Cornel tetap ikut dalam peperangan, sampai menciptakan lagu-lagu patriotik.

"Keluarga mereka memang hobi bermusik, selain Cornel Simanjuntak, Anoi Simanjuntak juga dikenal sebagai artis Batak," kata Berlian.

Dari buah pikirannya, lahir lagu-lagu yang heroik dan patriotik, seperti ; Tanah Tumpah Darah, Maju Tak Gentar, Pada Pahlawan, Teguh Kukuh Berlapis Baja, Indonesia Tetap Merdeka.

Berlian mengisahkan, keluarga Cornel Simanjuntak menjalani keyakinan sebagai Kristen Pentakosta.

Gereja tempat ibadah keluarga tak jauh dari rumah keluarga.

Cornel Simanjuntak sendiri belakangan dikenal telah memeluk Khatolik sampai akhir hayatnya.

Saat ini keluarga juga mempertahankan beberapa petak sawah warisan keluarga yang dikelola tanpa ada yang hilang satu meterpun.

"Orangtua Cornel Simanjuntak juga setelah meninggal dimakamkan di sini. Di sana," ujar Berlian menunjukkan jarinya ke arah persawahan keluarga.

Berlian berharap Pemerintah Kota Pematangsiantar dapat memperhatikan rumah Mendiang Cornel Simanjuntak yang saat ini membutuhkan perawatan.

Baca selengkapnya di tribun-medan.com